Agribisnis Ternak Unggas
- Kamis, 01 Desember 2022
- Administrator
- 0 komentar
Agribisnis Ternak Unggas
Program Keahlian Agribisnis Ternak menyiapkan peserta didik untuk mampu menguasai keahlian Agribisnis Ternak, agar peserta didik mampu berpikir ilmiah, bersikap positif, dan berketerampilan sesuai standar kompetensi yang dibutuhkan, mampu menemukan berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri. Peserta didik diharapkan untuk memahami dan menjalankan proses-proses dalam Agribisnis Ternak; menyiapkan kandang, mengoperasikan peralatan farm, mengidentifikasi bibit ternak, membuat dan memberikan pakan, memelihara ternak, menjaga kesehatan hewan, mengelola recording farm, memanen dan memasarkan hasil panen sesuai standar.
Program Keahlian Agribisnis Ternak ini membekali peserta didik untuk mampu mengaplikasikan dasar-dasar pemeliharaan ternak dalam berwirausaha dan/atau bekerja pada jabatan-jabatan kerja di dunia usaha dan dunia kerja bidang peternakan. Mata pelajaran Dasar harus dipahami oleh peserta didik sebelum mempelajari mata pelajaran lain pada program keahlian Agribisnis Ternak, agar mereka ahli di bidang peternakan sekaligus bernalar kritis, mandiri, kreatif, dan adaptif. Selain itu, juga memberikan wawasan bagi peserta didik tentang isu- isu global terkait dengan ketahanan pangan, perubahan iklim, dan kelestarian ekosistem, juga diharapkan akan mampu mengembangkan secara mandiri usaha agribisnis peternakan, atau dapat berkiprah di dunia kerja sesuai tuntutan dan kebutuhan perkembangan industri peternakan.
Program Keahlian Agribisnis Ternak ini berkontribusi dalam membangun kemampuan peserta didik menjadi pribadi yang menguasai keahlian agribisnis ternak dengan memegang teguh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia terhadap manusia dan alam, bernalar kritis, mandiri, kreatif, komunikatif dan adaptif terhadap lingkungan. Program Keahlian Agribisnis Ternak bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baik soft skills maupun hard skills sehingga memiliki pemahaman yang utuh (komprehensif) tentang Program Keahlian Agribisnis Ternak setelah menyelesaikan proses pembelajaran, meliputi:
- Memahami profil dan proses bisnis industri bidang agribisnis ternak;
- Memahami perkembangan teknologi dan isu-isu global terkait bidang agribisnis ternak;
- Memahami agripreneur, lapangan kerja, dan peluang usaha di bidang agribisnis ternak;
- Memahami proses-proses dasar pekerjaan bidang peternakan;
- Memahami penanganan komoditas ternak sesuai prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3LH).
Program Keahlian Agribisnis Ternak ini memuat pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang diperlukan dalam memahami secara komprehensif profil industri, profesi atau pekerjaan, dan peluang usaha pada industri peternakan. Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan kepada lapangan kerja, jabatan kerja, dan peluang usaha yang dapat dimasuki setelah lulus, serta konsentrasi keahlian yang dapat dipelajari di kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui:
- Pembelajaran di ruang kelas;
- Pembelajaran di laboratorium/workshop/bangsal unit-unit pembibitan, pakan, pembesaran, pemotongan ternak, penanganan kesehatan ternak, dan pengolahan hasil peternakan;
- Pembelajaran di unit teaching factory;
- Pembelajaran membuat projek sederhana;
- Berinteraksi dengan alumni dan atau praktisi industri;
- Berkunjung ke industri peternakan;
- Pencarian informasi melalui media
Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning serta metode antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan atau demonstrasi yang dipilih berdasarkan karakteristik materi. Penilaian meliputi aspek pengetahuan melalui tes dan non tes, sikap melalui observasi, catatan kejadian menonjol (anecdotal record), penilaian antar teman, dan penilaian diri serta keterampilan melalui penilaian proses, produk, portofolio dan studi kasus. Pembelajaran di Agribisnis Ternak dilakukan dengan sistem blok (block system) disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari.
Program Keahlian Agribisnis Ternak mengintegrasikan kemampuan-kemampuan dasar baik hard skill maupun soft skills, meliputi kemampuan pemahaman profil industri dan profesi di industri peternakan, perkembangan teknologi bidang peternakan, isu-isu global terkait dengan peternakan, agripreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi pemahaman proses-proses dasar peternakan dan penanganan komoditas peternakan sesuai prosedur, keselamatan, serta kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH). Kemampuan-kemampuan tersebut disusun sebagai elemen-elemen pembelajaran.
Program Keahlian Agribisnis Ternak merupakan salah satu jurusan/kompetensi keahlian yang sudah ada di SMKN 1 Wonosari. Kurikulum Program Keahlian Agribisnis Ternak mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak. Penyusunan kurikulum Agrbisnis Ternak melibatkan industri dan dunia kerja. Kurikulum yang dirancang juga berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhaan Industri dan dunia kerja.
Guru Kejuruan Agrbisnis Ternak berjumlah 12 orang dimana selain memiliki pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya, Guru Kejuruan Agribisnis Ternak juga berlatar belakang pernah bekerja di industri serta telah mengikuti berbagai program pelatihan dan magang industri. Delapan orang guru sudah berpredikat asesor kompetensi. Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri seperti teaching factory, sehingga para lulusan Agribisnis Ternak SMK Negeri 1 Wonosari diharapkan diharapkan bekerja, berwirausaha dalam bidang Agribisnis Ternak baik di dalam maupun di luar negeri, serta dapat melanjutkan pendidikan.
Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untuk mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang belajar sepanjang hayat yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja lapangan dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah ketrampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha. Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Program Keahlian Agribisnis Ternak adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II kompetensi keahlian Agribisnis Ternak pada jenjang SMK.
Tujuan Program Keahlian Agribisnis Ternak
- Menghasilkan siswa yang berkarakter sesuai profil pelajar Pancasila
- Meningkatkan mutu manajemen sekolah yang sesuai dengan standar nasional pandidikan c Meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan
- Meningkatkan upaya pelestarian lingkungan hidup
- Melakukan pencegahan kerusakan lingkungan hidup
- Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan teknologi dan berintegritas tinggi
- Mengembangkan kurikulum operasional sekolah berbasis project based learning tersinkronisasi dengan dunia kerja dan industri
- fasilitas proses pembelajaran secara optimal berstandar dunia kerja dan industri Menumbuhkan jiwa wirausaha peserta didik yang berbasis technosociopreneur
- Meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik yang berbasis techno sociopreneur k Meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya budaya kerja di dunia kerja dan industry
- Membiasakan siswa untuk menerapkan budaya kerja di dunia kerja dan industri
- Mengembangkan kerja sama yang luas dan bermakna dengan pemangku kepentingan, dunia kerja dan industri nasional dan internasional
- Mengembangkan jiwa kompetisi peserta didik sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era global.
- Memfasilitasi peserta didik dapat melampaui kompetensi sebagaimana terkandung dalam KKNI dan SKKNI bidang Agribisnis Ternak.
- Menyiapkan lulusan yang berakhlak mulia, jujur, bertanggungjawab dan berwawasan interpreneur
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hard skills) yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan mampu melanjutkan pendidikannya di era global.
Intrakurikuler
1. Struktur Kurikulum dan Penetapan Konsentrasi Keahlian
Struktur kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran secara fleksibel dimana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, struktur kurikulum program keahlian Agribisnis Ternak bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hard skills) yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila sehingga dapat terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan mampu
melanjutkan pendidikannya di era globalmenggunakan mekanisme blok per fase yang meliputi fase E di kelas X serta fase F di kelas XI dan XII. Implementasi sistem blok per fase ini berlaku untuk mata pelajaran pada kelompok umum dan kelompok kejuruan. Mata pelajaran pilihan rumpun kejuruan dan mata pelajaran diluar kejuruannya yang ditawarkan merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan oleh Industri dan dunia kerja serta didukung oleh sumber daya yang ada di SMKN 1 Wonosari. Konsentrasi yang ditetapkan di program keahlian Agribisnis ternak bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hard skills) yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan mampu melanjutkan pendidikannya di era global adalah Agribisnis Ternak Unggas dan Agribisnis Ternak Ruminansia.
Penetapan Konsentrasi Agribisnis Ternak Unggas dan Agribisnis Ruminansia mempertimbangkan :
- saran dan masukan dari Industri terkait diantaranya PT. Anugerah Kartika Agro, UPTD Balai Perbibitan Ternak Provinsi Gorontalo Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, BPTP Provinsi Gorontalo
- sarana praktik berupa kandang milik msyarakat / Orang tua peserta didik.
- kompetensi guru kejuruan yang sudah bersertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya dan telah melaksanakan magang
- Perkiraan jumlah tenaga kerja sektor Agribisnis Ternak Unggas dan Agribisnis Ternak Ruminansia
- peluang lulusan untuk berwirausaha dibidangnya yang masih
- Terdapat 3 IDUKA yang bersedia menerima siswa Praktik Kerja Lapangan Agribisnis Ternak Unggas dan 2 IDUKA untuk Konsentrasi Agribisnis
SMKN 1 Wonosari menambahkan mapel pilihan sesuai kebutuhan peserta didik, dunia kerja dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah secara fleksibel.
Adapun struktur kurikulum program keahlian Agribisnis Ternak adalah sebagai berikut:
- Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agriteknologi
- Program Keahlian : Agribisnis Ternak
- Konsentrasi Keahlian :1. Agribisnis Ternak Unggas
- Agribisnis Ternak Ruminansia
Program Keahlian : Agribisnis Ternak
Struktur kurikulum SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
- Pembelajaran intrakurikuler; dan
- Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Struktur kurikulum SMK/MAK ditunjukkan pada tabel berikut ini.
Tabel 5. Struktur Kurikulum kelas X SMK/MAK Agribisnis Ternak
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu, dan 1 JP = 45 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
||||
X |
XI ATU |
XII ATU |
XII ATR |
||
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum: |
|
||||
1. |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
90 |
106 |
106 |
106 |
2. |
Pendidikan Pancasila |
54 |
71 |
71 |
71 |
3. |
Bahasa Indonesia |
108 |
107 |
107 |
107 |
4. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
90 |
72 |
- |
- |
5. |
Sejarah |
54 |
108 |
108 |
108 |
6. |
Seni Budaya** |
54 |
108 |
108 |
108 |
7. |
Muatan Lokal*** |
72 |
- |
- |
- |
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): |
522 |
572 |
500 |
500 |
|
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan: |
|
|
|
|
|
1. |
Matematika |
108 |
141 |
141 |
141 |
2. |
Bahasa Inggris |
108 |
117 |
117 |
117 |
3. |
Informatika |
108 |
- |
- |
- |
4. |
Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial**** |
162 |
- |
- |
- |
6. |
Kejuruan |
|
|
|
|
|
a. Dasar-dasar Program Keahlian |
432 |
- |
- |
- |
b. Agribisnis Ternak Unggas Pedaging |
- |
210/6 |
210/6 |
- |
|
c. Agribisnis Ternak Unggas Petelur |
- |
193/5 |
193/5 |
- |
|
d. Agribisnis Pakan Ternak Unggas |
- |
157/4 |
157/4 |
- |
|
e. Agribisnis Pembibitan Ternak Unggas |
- |
157/4 |
157/4 |
- |
|
f. Agribisnis Aneka Ternak |
- |
140/4 |
140/4 |
- |
|
g. Agribisnis Ternak Ruminansia Pedaging |
- |
- |
- |
193/5 |
|
h. Agribisnis Ternak Ruminansia Perah |
- |
- |
- |
210/5 |
|
i. Agribisnis Pakan Ternak Ruminansia |
- |
- |
- |
157/4 |
|
j. Agribisnis Pembibitan Ternak Ruminansia |
- |
- |
- |
157/4 |
|
k. Agribisnis Aneka Ternak |
- |
- |
- |
140/4 |
|
l. Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
262 |
262 |
262/7 |
|
7. |
Projek penguatan profil pelajar pancasila |
288 |
- |
- |
- |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): |
918 |
1.377 |
1.377 |
1.377 |
|
Total***** |
1.242 |
1.949 |
1.877 |
1.877 |